Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Ekasakti (UNES) Padang Dr. Sumartono, S.Sos, M.Si secara resmi membuka Kuliah Umum yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Prigram Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara Fisipol UNES dengan menghadirkan narasumber Ir. Setia Darma, MBA Pimpinan Indofood Division Area Sumatera Barat di Aula Fakultas tersebut, Rabu (21/11).

Thema dari Kuliah Umum tersebut “Miningkatkan semangat Wirausaha dalam Menciptakan Peluang Bisnis di Era Millenial”, kegiatan ini dilaksanakan sehari dan diikuti 300 mahasiswa terdiri dari mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara, Prodi Ilmu Komunikasi, dan Prodi Ilmu Pemerintahan.

Sumartono mengharapkan kepada peserta Kuliah Umum agar mengikuti materi yang diberikan narasumber dengan sungguh-sungguh, banyak ilmu yang akan diambil dalam kuliah umum ini untuk berwirausaha, ciptakan lapangan kerja dan jangan berharap untuk menjadi pegawai negeri.

Sumartono menyebutkan, "kita harus punya target dalam perkuliahan, batas waktu menyelesaikan studi paling lambat 3,5 tahun dan maksimal 4 tahun, kemudian wujudkan cita-cita masa depan dengan menguasai bahasa asing,' harapnya.

Dikatakan, pihak fakultas akan selalu menghadirkan para pakar wirausaha, sehingga nanti lulusan Fisipol bisa membuka usaha sendiri dan membuka lapangan kerja.

Setia Darma menyebutkan membuka usaha sendiri sangat menguntungkan ketimbang bekerja di bawah orang lain (karyawan), selain membuka peluang untuk mandiri juga dapat membuka koneksi, mengembangkan ide, memperoleh keuntungan finansial dan emosional dari pada bekerja sebagai karyawan.

Keuntungan yang diperoleh dari membuka bisnis sendiri pertama melatih kemandirian, membangun mimpi dan menghidupkan ekonomi mikro. Kerjakanlah  pekerjanan sesuai dengan kepribadian kita sendiri,  semua orang mempunyai kepribadian  berbeda-beda. Contoh nyata kata Setia Darma, seorang mempunyai pribadi aktif dan menyukai kegiatan di luar ruangan namun harus bekerja sepanjang hari di dalam ruangan dan tidak melakukan apa-apa selain berhadapan dengan komputer.  

"Jika seorang melakukan pekerjaaan yang tidak disukainya, maka hal tersebut membuat orang itu jadi ogah-ogahan dalam menjalankan pekerjaannya dan akhirnya pekerjaan itu tidak menghasilkan apa-apa," ujar Setia Darma.

Selanjutnya Setia Darma menjelaskan tentang cara untuk membangun rencana lebih cepat  yaitu pilih strategi keluar terlebih dahulu, cari bidang yang disukai atau mungkin yang bisa menghasilkan, cari orang yang sudah berhasil mencapai impian untuk diajak kerjasama atau belajar kepada orang tersebut dan gunakan faktor kali atau leverage.

Untuk menentukan kesuksesan adalah finansial, kesehatan, spritual, relantionship, sosial dan intelektual, kunci sukses wira usaha kata Setia Darma yaitu kejujuran, integritas, kredibilitas dan komunikasi.

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara Puryanto, S.AP. M.AP mengharapkan dengan dilaksanakannya kuliah umum ini dapat mengasah kemandirian, memicu minat untuk berwirausaha, serta mendorong kompetensi mahasiswa dalam kewirausahaan. Saat ini sudah saatnya mahasiswa tidak mencari kerja tapi menciptakan lapangan kerja, tambah Puryanto.

Dari Aula Fisipol UNES Padang, Jl. Veteran Dalam Kota Padang Sumatera Barat, Rabu, 21 November 2018, Ka Humas Universitas Ekasakti (UNES) Padang, H. Syarifuddin, SE, M.Hum, mengabarkan. (ibnu sultan)