Lepas 1.336 Mahasiswa KKN PPM, Rektor Jamin, UNES Eksis Jaga Kualitas

31 Juli 2018 unesadmin

Rektor Universitas Ekasakti (UNES) Padang diwakili Wakil Rektor (Warek)1 Bidang Akademik Dr. H. Agussalim, melepas 1.336 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) UNES tahun 2018 untuk 7 kabupaten / kota di Sumatera Barat, Minggu (30/7) di Auditorium Universitas tersebut, Jl. Veteran Dalam Padang.

Kabupaten / Kota yang dijadikan lokasi KKN PPM UNES adalah Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok dan Kota Padang. Mahasiswa KKN PPM ini seretak turun tanggal 30 Juli 2018 dan barakhir 7 September  2018 (40 hari) lamanya mengabdi di masyarakat.

Dr. Agussalim menyebutkan kegiatan KKN PPM saat ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20 Ayat 2, yakni; “Perguruan Tinggi
berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat”. Maka di UNES KKN PPM salah satu mata kuliah harus ditempuh oleh setiap mahasiswa sebelum menyelesaikan pendidikan di Program Strata Satu (S1).

Dr. Agussalim mengharapkan kepada para mahasiswa KKN PPM ini, jadikanlah kegiatan KKN PPM sebagai jembatan silaturrahmi antara UNES dengan pemerintah dan masyarakat di Nagari / Desa / Kelurahan.

Dikatakan, sebagai media pembelajaran, agar mahasiswa mampu belajar untuk mengetahui, bertindak, hidup bersama dan menampilkan karya dan karsanya.

Kegiatan KKN PPM ini sebagai media informasi bagi masyarakat Sumatera Barat, UNES sebagai lembaga Pendidikan Tinggi eksis dalam menjaga dan meningkatkan mutu / kualitas pendidikan guna mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat.

KKN PPM UNES tiga tahun terakhir ini meningkat, terlihat dari data mahasiswa yang ikut KKN PPM pada tahun 2016 sebanyak 1.027 orang mahasiswa, tahun 2017 mahasiswa yang ikut KKN PPM 1.157 orang dan tahun 2018  sebanyak 1.349 orang.

Dr. Agussalim  minta patuhi segala aturan dan ketentuan yang berlaku di masyarakat termasuk adat istiadat di daerah tersebut. Buatlah program terlebih dahulu bicarakan dengan Wali Nagari atau Lurah setempat.

KKN PPM dapat membuat diri mahasiswa tangguh dan ulet, bila ada permasalahan bicarakan dengan dosen pembimbing dan Ketua RT, RW dan Aparat Kelurahan / Aparat Nagari, sehingga apa yang diarapkan dalam KKN PPM terujud dan tercapai. Galilah ilmu yang ada di masyarakat yang tidak didapatkan di bangku kuliah dan dengarkan nasihat  orang tua dan dosen pembimbing, harap Agussalim.
 


Mahasiswa KKN PPM Unes harus bisa meninggalkan kesan yang baik di masyarakat di lokasi KKN PPM, jaga nama baik almamater yang memiliki nama besar dan harum di tengah-tengah masyarakat serta jadikan dirimu sebagai cerminan barometer mahasiswa UNES secara menyeluruh. Jika ini berhasil, masyarakat akan ingat selalu kedatangan mahasiswa KKN PPM Unes di daerah mereka, tambah Agussalim.

Program  KKN PPM UNES selama ini mendapat perhatian dan dukungan dari masyarakat. Ini dibuktikan dengan adanya permintaan masyarakat agar KKN PPM UBES tahun ini ditempatkan lagi di daerah, untuk kelanjutan program tahun lalu.

Agussalim mengharapkan kepada mahasiswa, dalam pelaksanaan program nanti sesuaikanlah dengan permintaan masyarakat dengan berkoordinasi dengan aparat Kelurahan/Nagari, jangan sekali-kali menimbulkan komplik dan mencoreng nama baik Kampus.

Mahasiswa KKM PPM Unes membawa nama Universitas Ekasakti Padang di tengah-tengah masyarakat, jaga nama baik kampus buat masyarakat bahagia dengan kedatangan mahasiswa, ujar Rektor   

Ketua Badan Pengelola KKN PPM Unes Risal Abu menyebutkan pihaknya telah menyiapkan 100 Program pemberdayaan masyarakat terdiri dari Program Utama, Tambahan dan Program Bantu, tahun ini juga dilaksanakan 2 kegiatan KKN Tematik oleh Fakultas Teknik dan Perencanaan bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulkangan Bencana (BNPB) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Sumatera Barat.

Persiapan untuk pelaksanaan program itu kata Risal Abu sudah dilakukan melalui pembekalan DPL dan Mahasiswa maupun Koordinasi dan diskusi dengan Pemda, selama  pelaksanaan KKN PPM mahasiswa dibimbing oleh 45 orang DPL dan 7 orang Koordinator  Wilayah masing masing Dr. Agussalim, Dr. Otong Rosadi, Dr. Sumartono, Dr. Mec. Adityawarman, Bakkareng, M.Si, Mahmud R Bara M.Si, Prima Novia, M.Si.

Mahasiswa KKN PPM ini sebelum turun kelapangan, mereka  diberikan pembekalan selama 4 hari untuk melakukan program program kongkrit dengan melibatkan masyarakat secara langsung dalam pemberdayaan. pembinaan dalam rangka peningkatan ilmu pengetahuan, wawasan kemandirian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta membantu pemerintah dalam menyerlesaikan permasalahan di masyarakat.

Pelepasan mahasiswsa KKN PPM ini ditandai dengan pemasangan jaket kepada masing-masing perwakilan mahasiswa KKN PPM di Kabupaten / Kota oleh Wakil Rektor I Dr. Agussalim, Warek II dan Warek III serta Koordinator Wilayah.
Warek 1 UNES Dr. H. Agussalim melepas 1336 masiswa KKN-PPM UNES tahun 2018. Diabadikan sebelum berangkat ke lokasi KKN

Dari Auditorium Kampus Universitas Ekasakti (UNES) Jl. Veteran Dalam Padang Sumatera Barat, Minggu, 29 Juli 2018, demikian Ka. Humas UNM, H. Syarifuddin, SE, M.Hum

Share: